0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Normalisasi Sungai Langsur, Dewan Pasang Anggaran Rp 1 M

dok.timlo.net/putra kurniawan
(Ilustrasi) Banjir melanda Jl Jendral Sudirman depan Kantor Pemkab Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Sungai Langsur disebut-sebut menjadi penyebab utama banjir yang terjadi di dalam Kota Sukoharjo saat terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Pemerinah berencana mengatasi banjir ini dengan melakkan normalisasi, namun rencana ini harus tertunda karena anggaran yang dipasang tidak bisa direalisasikan.

“Berdasarkan survei semua banjir yang terjadi di dalam kota bermuara dari Sungai Langsur dan kami sudah memasang angaran senilai Rp 1 miliar, namun terkena rasionalisasi dari pemrintah pusat. Sehingga anggaran itu tidak bisa digunakan,” kata Ketua DPRD Sukoharjo Nurjayanto, Selasa (20/9).

Berdasarkan kajian teknis yang dilakukan di Sungai Langsur, sudah terjadi banyak sedimentasi yang mengakibatkan kondisi sungai lebih sempit dari ukuran semestinya. Sehingga dengan kondisi ini air tidak bisa mengalir sempurna dan meluap hingga ke pemukiman warga.

Normalisasi menjadai satu-satunya cara untuk mengatasi banjir yang terjadi di Sukoharjo belakangan ini, sehingga harus kembali dianggarakan. DPRD mendesak pihak eksekutif untuk kembali memasang anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk normalisasi Sungai Langsur.

“Kami mendesak pemerintah untuk kembali menganggarkan normalisasi Sungai Langsur, karena memang itu kunci mengatasi banjir di Sukoharjo,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge