0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga WNI Dibebaskan Abu Sayyaf, Tanpa Bayar Tebusan

merdeka.com
ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Sebanyak tiga warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf Filipina telah dibebaskan pada 17 September 2016 kemarin. Tiga orang itu adalah Lorens Koten, Teodorus Kofung, dan Emmanuel. Pembebasan tiga WNI tersebut sudah sesuai dengan prosedur yang disepakati antara pemerintah Indonesia dan Filipina. Pembebasan ketiganya tak menggunakan tebusan.

“Ini enggak ada tebusan karena proses lobi, proses approach yang ditangani karena kesepahaman antara Jokowi dan Duterte. Proses pendekatan yang dilakukan antara Presiden Jokowi dan Duterte berjalan dengan baik,” jelas Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Selasa (20/9).

Menurut Pramono, proses pemulangan tiga WNI asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu masih menunggu instruksi dari Kementerian Luar Negeri. Diperkirakan sehari atau dua hari ke depan mereka tiba di Tanah Air.

“Memulangkan mereka kan enggak bisa tiba-tiba naik apa dan sebagainya kan harus diurus. Untuk itu, dilakukan oleh Bu Menlu. Tapi kan Bu Menlu baru dari kunjungan luar negeri. Mudah-mudahan satu-dua hari ini segera terselesaikan,” terangnya.

Polisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berharap enam WNI yang masih disandera kelompok Abu Sayyaf segera dibebaskan juga. Sejalan dengan harapan itu, Pramono memastikan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, dan Panglima TNI jenderal Gatot Nurmantyo bekerja keras membebaskan sisa korban sandera.

“Dengan demikian, penyanderaan ini segera terselesaikan dan tidak terulang kembali,” tandasnya.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge