0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paket Kebijakan Ekonomi Belum Terasa?

merdeka.com
Rosan Roeslani (merdeka.com)

Timlo.net – Perekonomian Indonesia dinilai belum sepenuhnya bebas dari perkembangan ekonomi global yang masih lemah. Ekonomi global masih terseok-seok karena perekonomian Amerika, Eropa masih belum pulih dan ditambah menurunnya pertumbuhan ekonomi China.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Rosan Roeslani mengungkapkan, kondisi di dalam negeri yang tak kunjung membaik juga disebabkan karena berbagai paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah masih belum dirasakan seutuhnya oleh para pelaku usaha.

“Tentunya kita harapkan iklim usaha dan investasi bisa terus mendorong usaha pengembangan industri nasional. Iklim investasi yang kondusif melalui pelaksanaan secara penuh dari kebijakan deregulasi dan debirokratisasi sangat didambakan oleh para pelaku usaha di bidang industri dan perdagangan,” ujarnya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Jakarta, Selasa (20/9).

Menurut dia, kinerja ekspor masih lemah dan defisit neraca transaksi berjalan melemah juga menjadi sinyal adanya penurunan peran industri dalam perekonomian secara umum. Untuk itu, dia meminta pemerintah segera menjalankan hilirisasi industri untuk menghasilkan produk bernilai tambah tinggi, memperkuat struktur industri, menyediakan lapangan kerja serta membangun daya saing dan produktivitas produk-produk dalam negeri.

“Indonesia harus memiliki industri primer yang kuat dan berdaya saing untuk menopang sektor jasa dan perdagangan yang terus bertumbuh,” tuturnya.

“Tapi sangat disayangkan selama ini struktur ekspor industri nasional masih sangat berorientasi resource based dengan nilai tambah rendah. Yang diperlukan adalah penguatan strategi sektor industri dan dukungan kebijakan perdagangan,” tandasnya.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge