0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PDIP Umumkan Cagub DKI Malam Ini, Ahok atau Risma?

dok.merdeka.com
Kantor DPP PDIP (dok.merdeka.com)

Timlo.net — PDIP malam ini (Selasa 20/9 malam) rencananya mengumumkan pasangan gubernur dan wakil gubernur yang bakal diusung dalam Pilgub DKI 2017. Hingga kini PDIP masih menutup rapat nama calon gubernur (Cagub) DKI yang diusung, kendati sejumlah kandidat macam petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini diisukan bakal menjadi pilihan.

Menurut pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, ketidakpastian sikap PDIP berkoalisi dan mengusung calon, membuat partai politik dan kandidat termasuk calon petahana galau. Padahal sebagai partai pemenang pemilu dan memiliki jumlah kursi terbanyak di DPRD DKI mencapai 28, sikap PDIP ini sangat ditunggu partai politik termasuk kandidat termasuk Ahok.

“Akhirnya kita disuguhi klaim-klaim para calon. Jadi ketidakpastian sudah diciptakan partai-partai ini menjelang pendaftaran ke KPU,” kata Siti saat dihubungi merdeka.com, Selasa (20/9).

Menurut Siti, kegalaun partai politik termasuk para kandidat itu justru tidak terjadi dalam Pilgub DKI 2012. Kagalaun itu seperti tiga partai pendukung Ahok yakni NasDem, Hanura, dan Golkar.

Menurut Siti, dukungan tiga parpol terlihat galau dengan tak kunjungnya mendaftarkan Ahok sebagai calon ke KPU. Begitu pula dengan koaliasi kekeluargaan yang kini tidak diketahui nasibnya.

“Ini menunjukan bahwa semuanya partai, tokoh, kandidat termasuk petahana galau. Semua parpol with and see tapi cenderung tidak pasti sehingga memunculkan persepsi galau. With and see yang tidak pasti tanpa diikuti komunikasi-komunikasi yang intensif lalu mendorong mereka menjadi gamang. Sehingga tak satu pun partai politik yang memastikan sejak awal ini kandidat diusung sudah final,” kata Siti.

Diketahui, malam ini PDIP akan mengumumkan pasangan gubernur dan wakil gubernur yang bakal diusung dalam Pilgub DKI 2017. Pengumuman diselenggarakan pukul 20.00 WIB bertempat di kantor Pusat DPP PDI Perjuangan, Jl Pangeran Diponegoro No 58, Jakarta Pusat.

“DPP PDI Perjuangan memastikan akan mengumumkan pasangan calon Gub dan wagub DKI pada hari Selasa, 20 September 2016,” ujar Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/9).

Menurut Hasto, pengumuman tersebut dilakukan dalam satu keserentakan dengan daerah lain. Hal ini guna menegaskan bahwa keseluruhan tahapan pilkada serentak tahun 2017 ditempatkan sebagai satu kesatuan proses kelembagaan kepartaian di dalam menyiapkan pemimpin sebagai salah satu fungsi utama Partai.

Menurutnya, dengan pengumuman paslon secara serentak tersebut, termasuk paslon DKI, maka keseluruhan pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan memiliki komitmen kuat untuk menampilkan wajah kerakyatan Partai yang dilaksanakan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik, yakni Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian.

“Seluruh tahapan sudah dilakukan secara sistemik, yang dimulai dengan uji kelayakan dan kepatutan, pemetaan politik, pelatihan manager kampanye, pelatihan TOT saksi, dan sekolah para calon kepala daerah,” imbuhnya. [gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge