0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hindari Pungli, Sragen Launching Uji Kir Kendaraan Online

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat melaunching Simponi (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sragen melaunching pelayanan uji kir kendaraan secara online. Layanan yang diberi nama Sistem Informasi Uji Kendaraan Bermotor (Simponi) ini baru pertama kalinya di Indonesia.

“Sekarang ini Sragen menjadi pioner, jadi yang pertama memakai sistem online. Karena kita dinilai masih konsisten menggunakan sistem informasi dari kementerian yang dulunya masih offline,” kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pengujian Kendaraan Dishubkominfo Sragen, Suparno, Senin (19/9).

Suparno menjelaskan, dengan layanan online ini masyarakat bisa lebih menghemat waktu, lantaran bisa mendaftar uji kir kendaraan dari mana pun, tidak perlu harus antre datang ke Kantor Dishub.

“Jadi nanti setelah dia datang ke sini cukup menunjukkan nomor ID pendaftaran online dari smartphone miliknya. Jadi menyederhanakan pelayanan, di sini tinggal uji fisik kendaraan tidak perlu mengisi data administrasi lagi,” jelasnya.

Suparno menambahkan, keuntungan dari Simponi tersebut bisa menghindari terjadinya praktek percaloan dalam uji kir kendaraan. Dengan begitu pengawasan akan lebih transparan dan akuntabel.

Sementara itu Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi program Simponi dari Dishubkominfo yang dilaunching bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional. Selain hemat waktu juga meminimalisir terjadinya Pungli (pungutan liar).

“Ini adalah terobosan baru dalam pelayanan pengurusan kir secara online. Ini bisa meminimalisir terjadinya pertemuan head to head dengan petugas. Sehingga otomatis juga meminimalisir terjadinya praktik Pungli,” kata Yuni.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge