0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penipuan Meminta Pulsa Marak di Karanganyar

(ilustrasi) SMS penipuan (dok.timlo.net/red)

Karanganyar  — Kasus penipuan dengan meminta dikirimi pulsa marak beberapa minggu terakhir ini. Pelaku menyasar sejumlah pengusaha katering maupun rumah makan di Karanganyar.

“Modus yang digunakan pelaku yakni memesan makanan ke korban dalam jumlah besar. Hal itu untuk meyakinkan korbannya. Namun, tujuan utama pelaku adalah meminta agar dikirim pulsa,” kata Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Rohmat, Senin (19/9).

AKP Rohmat mengatakan, pelaku meminta pulsa dikirim terlebih dahulu sebelum makanan dikirim. Saat katering dikirim ke alamat tujuan, ternyata alamat yang dituju palsu. Padahal korban sudah membuat katering dalam jumlah besar.

”Ada warga yang sudah tertipu setelah mengirimkan 500 porsi makanan. Pemesannya juga memesan pulsa, tapi setelah katering dikirim  ternyata alamatnya palsu,” kata AKP Rohmat

Sayangnya, sebagian besar korban enggan melapor ke aparat kepolisian. Alasannya, karena kerugian relatif kecil. Namun katering jumlah besar yang terlanjur akan dikirim ditarik kembali.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres AKP Rohmat Ashari mengakui maraknya kasus tersebut. Dari penelusuran, pelaku berdomisili di luar Karanganyar. Modusnya pelaku memesan barang ke korban, baik berupa makanan maupun barang lain yang bisa dipesan antar. Selanjutnya, pelaku juga memesan pulsa ke korbannya.

“Setelah pulsa dikirim dan barang hendak dikirim, pelaku langsung menghilang. Nomor handphone (HP) yang semula digunakan untuk memesan tiba-tiba tidak dapat dihubungi,” kata AKP Rohmat.

Meski ada sejumlah laporan, namun sejauh ini belum ada korban yang melapor secara resmi.

”Kami imbau warga untuk memastikan terlebih dulu alamat pemesan. Jika sudah pasti baru melanyani pesanannya,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge