0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Ada Ijin, Tiga Minimarket Disegel

timlo.net/agung widodo
Petugas gabungan menyegel Indomaret yang ada di Kampung Teguhjajar, Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Tim gabungan dari Satpol PP, Dinas Perdagangan, Badan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM), Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Bagian Hukum Setda Sragen menyegel keberadaan minimarket yang selama ini tidak berijin. Langkah ini ditempuh setelah pengelola diberi peringatan hingga tiga kali tetap nekat beroperasi.

“Ada tiga yang kita segel. Di Plumbungan Kecamatan Karangmalang, Gabugan Kecamatan Tanon dan satu lagi di Tangen. Semuanya Indomaret,” kata Kepala Satpol PP Sragen, Dwi Sigit Kartanto, Senin (19/9).

Di sela-sela penyegelan di Indomaret yang terletak di Kampung Teguhjajar, Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Sragen, Sigit menyatakan, langkah penyegelan itu terpaksa diambil lantaran pengelola minimarket tidak mengindahkan peraturan yang ada. Diantaranya soal ijin mendirikan bangunan (IMB), pengelolaan pasar dan perijinan. Semua itu diatur dalam peraturan daerah (Perda) Kabupaten Sragen.

Mengenai kemungkinan pengelola bisa memperoleh ijin sehingga bisa membuka kembali minimarketnya, Sigit mempersilahkan untuk mengurusnya kalau memang bisa.

“Yang  jelas ini kami tutup, silahkan dia mencari proses perijinan. Kalau dia nanti bisa memperoleh ijin ya silahkan,” tandasnya.

Dari pantauan Timlo.net di lapangan, para pegawai minimarket tidak bisa berbuat banyak, saat petugas gabungan meminta toko untuk ditutup. Begitu juga ketika petugas menempelkan stiker besar bertuliskan “Toko Swalayan Ini Ditutup Karena Belum Memiliki Izin”, mereka hanya mampu memandangi.

Salah satu pegawai Indomaret Plumbungan, Nia menuturkan, Indomaret tersebut sebenarnya baru beroperasi sekitar tiga bulan. Namun dia tidak mengetahui kalau ternyata belum ada ijin operasional.

“Setelah ini ya terpaksa kita harus libur, entah sampai kapan. Saya hanya pegawai, tidak tahu soal itu,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge