0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diduga Tanah Kas Desa akan Dijual, Warga Protes

dok.timlo.net/nanang rahadian
Petugas BPN Karanganyar melakukan pengukuran tanah kas Desa Baturan (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sejumlah warga mempertanyakan status tanah kas Desa Baturan, Colomadu, Karanganyar yang diduga akan dijual, Senin (19/9).  Pasalnya beberapa minggu terakhir, sejumlah investor sudah melakukan peninjauan di tanah yang terletak di utara SMAN Colomadu.

“Kami sempat memergoki salah satu investor sedang melakukan peninjauan, kemudian kami bawa ke kelurahan untuk dimintai keterangan,” kata Rosid, salah satu tokoh masyarakat Desa Baturan, Senin (19/9).

Rosid mengatakan, mereka akan membeli tanah seluas 3.000 meter persegi tersebut. Menurut mereka, tanah itu milik seseorang yang bernama Andi yang tinggal di Apartemen Paragon. Namun setelah didesak mereka tidak bisa menjelaskan lebih lanjut.

“Mereka juga tidak bisa menjelaskan secara detil yang katanya pemilik tanah,” jelas Rosid.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Baturan, Ari Kurniawan menerima laporan dari sejumlah warga bahwa tanah kas desa tersebut sudah di beri patok. Bahkan saat pematokan Kepala Desa Baturan Suseno juga hadir. Saat dimintai keterangan, kades berkilah dia hanya dimintai tolong untuk menunjukkan batas-batas tanah tersebut.

“Tanah tersebut statusnya tanah ACDC peninggalan Mangkunegaran namun secara fisik dikuasai desa,” katanya.

Ari maupun Rosid menduga ada indikasi penjualan aset tanah kas desa tersebut. Namun hingga saat ini belum diketemukan siapa yang memerintahkan pematokan maupun menawarkan tanah kas desa tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge