0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Virus Zika, Tiba di Tanah Air, Jamaah Haji Diperiksa

Jamaah Haji diangkut pesawat Garuda (dok.timlo.net/setyo)

Boyolali – Para jamaah haji yang telah tiba di Embarkasi Solo dilakukan pemeriksaan kesehatan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi peredaran virus yang dimungkinkan menjangkiti jamaah saat berada di Tanah Suci.

“Selain pemeriksaan secara fisik, kita juga menggunakan alat thermo scanner untuk mendeteksi kesehatan dari para jamaah,” ujar Kasi Kesehatan Haji Embarkasi Solo, Sarno Dwiantoro kepada wartawan, Minggu (18/9) malam.

Para jamaah yang tiba di embarkasi tersebut dilakukan pemeriksaan satu persatu. Tujuannya untuk mengantisipasi peredaran Virus Zika dan juga Meningitis. Sedikitnya ada 50 petugas kesehatan yang disiagakan untuk membantu pemeriksaan.

“Sedangkan penggunaan thermo scanner ini untuk melihat suhu tubuh para jamaah. Jika suhu mereka ada yang di atas 38 derajat Celcius akan langsung kita bawa ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan lebih lanjut,” tandasnya.

Sementara dari pantauan di lapangan, sedikitnya sudah ada lima jamaah yang sedang sakit. Belum diketahui penyakitnya apa, namun tiga diantaranya telah dirujuk di rumah sakit.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge