0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Grup Band Gigi Meriahkan Pembukaan PON Jabar

merdeka.com
Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jabar (merdeka.com)

Timlo.net – Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jabar dilaksanakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung, Sabtu (17/9) malam. Pembukaan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri sejumlah menteri dan para gubernur. Secara simbol Jokowi, Menpora Imam Nahrawi, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan Ketua KONI pusat Tono Surahman.

Pembukaan ini dimulai sejak pukul 18.30 WIB. Band ternama Gigi membuka pertunjukan dengan lagu-lagu andalannya seperti Perdamaian, 11 Januari, Jomblo, dan Facebook. Band yang dipentoli Arman Maulana tersebut tampil sekitar 30 menit.

Setelah Gigi, pembawa acara menyapa tamu yang memadati separuh tribun stadion GBLA. Penonton diajak menyalakan lampu handphone untuk mengawali pertunjukan yang sebentar lagi akan dimulai. Sekitar lima menit penonton kompak menyalakan cahaya dari handphonenya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir di stadion pukul 19.20 WIB. Kehadiran pemimpin negara tersebut langsung disambut pertunjukan seni tari yang menampilkan cahaya LED. Penampilan tersebut disambut meriah sekitar 20 ribu pengunjung.

Penampilan memukau penari yang kebanyakan masih remaja itu ditutup dengan kembang api yang tiba-tiba muncul dari balik tribun timur stadion GBLA. Warna-warni percikan api membuat decak kagum para pengunjung.

Selanjutnya parade kontingen dimulai. Ada 34 provinsi yang mengitari stadion GBLA. Kontingen berparade dengan urutan secara alphabetical dipimpin oleh Chef de mission tiap daerah dan duta wisata masing-masing. Parade dimulai para atlet legendaris.

Setelah pertunjukan tersebut secara bergiliran Ketua umum PB PON Ahmad Heryawan menyampaikan laporan kegiatan PON yang berlangsung 17-29 September.

“Setelah menunggu masa panjang. Malam ini kita dapat memulai PON XIX di Jabar. Ditunjuknya Jabar sungguh merupakan kehormatan, tantangan dan tanggung jawab besar,” terang pria yang akrab disapa Aher ini.

Usai sambutan Aher, beberapa pertunjukan kembali dipertontonkan mulai dari atraksi tari tradisional yang menampilkan tiga budaya ; Sunda, Cirebon dan Betawi, gurilaps melalui karya seni musik tari, videografi, tata artistik tata cahaya, tata suara dengan mengolah khazanah budaya dan lingkungan Jawa Barat.

Usai pertunjukan menawan tersebut Presiden Jokowi kemudian resmi membuka PON dengan cara menekan tombol yang diikuti Aher, Menpora Imam Nahrawi, Ketua KONI Tono Suratman. Sebelum ditutup lentera api obor PON yang sudah diarak 1.005 kilometer diestafetkan.

Beberapa atlet legendaris secara simbol Risa Soseanty mengestafetkan pada atlet karate belia Lala Diah Pitaloka (12). Acara kemudian ditutup lagu ‘Berjaya di Tanah Legenda’ olehg Band Gigi.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge