0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penumpang di Adi Sumarmo Tumbuh Signifikan

dok.timlo.net/nanin
TKI tiba di Bandara Adi Sumarmo (dok.timlo.net/nanin)

Solo – Pertumbuhan penumpang di Bandara Internasional Adi Sumarmo tumbuh secara signifikan pada 2016. Bahkan jika dibandingkan dengan bandara lain, pertumbuhan penumpang di Solo dianggap paling tinggi atau mencapai 58 persen.

“Jika dibandingkan dengan tiga bandara lain, Solo pertumbuhannya memang paling tinggi. Karena untuk Lombok pertumbuhannya hanya 35 persen, Kupang 32 persen dan Manado 20 persen,” ujar Marketing & Business Development Director Angkasa Pura Airports, Moch Asrori kepada wartawan, Sabtu (17/9).

Dikatakan, tingginya pertumbuhan penumpang di Solo tidak terlepas dari adanya program Collaborative Destination Development (CDD) yang digelar pada akhir tahun lalu. Karena dengan adanya program itu, ada sinergisitas antara pelaku pariwisata, air line dan juga operator bandara.

“Pertumbuhan ini termasuk cukup signifikan, karena pada tahun lalu pertumbuhan penumpang di Solo hanya sekitar 10 persen. Bahkan ada beberapa bandara lain sempat minus,” jelasnya.

Melihat capaian itu, pihakanya juga akan terus mencoba meningkatkan sinergi dan membenahi layanan di bandara. Termasuk mempersiapkan program CDD yang akan datang agar bisa menggandeng stake holder yang lain termasuk IMA dan juga pelaku pariwisata.

Sementara itu, Manager Operasi dan Teknik Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya Wijanarka dalam kesempatan yang sama menyampaikan, potensi di Soloraya ini sebenarnya masih cukup tinggi untuk dapat meningkatkan jumlah wisatawan. Baik wisatawan yang berasal dari domestic maupun luar negeri.

“Karena kalau kita tahu, bahwa banyak potensi obyek wisata yang belum digali dan dikemas secara serius. Misalnya seperti Sangiran, Candi Sukuh dan Cetho, Grojogan Sewu maupun wisata di Kemuning. Sehingga harapan kita ada sinergisitas antara pemda, pelaku pariwisata dan masyarakat,” terangnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge