0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Partisipasi Publik dalam Pilbup Sragen Kurang Memuaskan

omisioner Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Sragen, Dodok Sartono (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Partisipasi publik dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati (Pilbu) Sragen dinilai kurang memuaskan. Dari angka 80 persen yang ditargetkan, ternyata peran serta masyarakat dalam Pilbup tahun 2015 lalu hanya mencapai 70 persen.

“Kesadaran pemilih untuk Pilbup Sragen kemarin sekitar 70 persen parrtisipasi masyarakat. Untuk ukuran Pilbup sebenarnya kita belum puas. Karena Pilbup ini sangat bersentuhan langsung dengan  masyarakat Sragen. Dengan partisipasi sebesar itu kurang memuaskan,” kata Komisioner Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Sragen, Dodok Sartono, Jumat (16/9).

Ketika ditemui Timlo.net di Kantor KPU Sragen, Dodok menyatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ajang pesta demokrasi berikutnya. Setidaknya yang telah nampak di depan mata, adalah Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah.

Meskipun baru akan digelar tahun 2018 namun tahapannya bakal dimulai sekitar pertengahan 2017. Dalam Pilgub nanti ditargetkan partisipasi publik di atas 80 persen.

Salah satu yang menyebabkan kurangnya partisipasi publik lantaran tidak validnya data pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Banyak orang yang terdaftar dalam DPT, namun faktanya orang tersebut tidak berada di Sragen.

“Banyak orang yang tidak di Sraen secara defacto tapi tercantum dalam DPT. Makanya kita harapkan ke depan DPT itu riil. Orang-orang yang ada di Sragen harus ada secara de facto maupun de jure,” terangnya.

Ditambahkan, upaya lain yang dilakukan adalah dengan membidik pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam proses setiap tahapan Pemilu. Sebagai langkah awal pihaknya telah menggelar pendidikan dan pelatihan bagi  pengurus OSIS SMA/SMK se-Kabupaten Sragen untuk melaksanakan pemilihan pengurus OSIS secara demokratis di sekolah  masing-masing.

“Ini langkah-langkah yang kita lakukan untuk melakukan edukasi ke pemilih pemula. Ini akan kita lakuan terus,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge