0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Hama, Distanbunhud Pasang Light Trap

Distanbunhud pasang light trap di lahan padi yang akan digunakan untuk peringatan Hari Pangan Sedunia (timlo.net/nanin)

Boyolali — Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Boyolali memasang sejumlah alat perangkap serangga atau light trap di lahan tanaman padi yang nantinya akan digunakan untuk peringatan Hari Pangan Sedunia. Pemasangan alat ini sekaligus mengajak petani untuk lebih mengenal berbagai jenis serangga.

“Kita pasang di tiga lokasi dengan luasan 100 hektar,” kata Koodinator Pengendalian Organisme Penganggu Tanaman Distanbunhud Boyolali, Iskak Harjono, Jumat (16/9).

Dijelaskan untuk satu alat light trap mampu mencakup lahan seluas 30 hektar hingga 50 hektar. Sedangkan alat ini sendiri mengandalkan sinar lampu yang akan menarik serangga untuk masuk ke dalam perangkap. Pihaknya setiap hari melakukan pengecekan, untuk melihat serangga apa saja yang masuk dalam perangkap.

“Apakah hama pengganggu tanaman atau bukan, petani harus tahu jenisnya juga,” tambahnya.

Seperti hasil pengamatan, tidak ditemukan serangga seperti wereng. Serangga yang masuk perangkap hanyalah tomcat, yang merupakan predator wereng coklat. Juga ada beberapa ekor bibis yang merupakan serangga pemakan gulma. Sedangkan sehari sebelumnya hanya ditemukan dua ekor wereng coklat. Artinya, jumlah hama di areal HPS ini masih aman dari serangan hama.

”Keberadaan wereng yang minim bisa tetap dibiarkan, menjadi sumber makanan predator tomcat agar tetap ada keseimbangan lingkungan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge