0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kanwil DJP Jateng II Pesimis Bisa Lampaui Target Penerimaan Pajak

Nur Handoyo (foto: Setyo)

Solo – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng II pesimis target penerimaan pajak pada tahun ini bisa terealisasi. Hal itu dipengaruhi karena kondisi ekonomi yang belum stabil, dan juga adanya pemangkasan anggaran dari pemerintah pusat.

“Target penerimaan pajak kita di tahun ini sebesar Rp 12,245 Triliun. Namun kalau melihat kondisi ekonomi yang terjadi, bisa terealisasi 85 persen saja sudah bagus,” ujar Kepala bidang penyuluhan, pelayanan dan hubungan masyarakat Kanwil DJP Jateng II, Nur Handoyo kepada wartawan, Jumat (16/9).

Dari total target yang dicanangkan tersebut, diakuinya saat ini penerimaan pajak di tempatnya masih relatif minim atau pencapaiannya baru sekitar Rp 5,300 Triliun. Sehingga jika dipresentase baru sekitar 42,93 persen.

Untuk memaksimalkan penerimaan itu berbagai upaya terus dilakukan, mulai dari pengawasan, penagihan dan juga ekstensifikasi atau menjaring wajib pajak baru.

“Harapan kita memang penerimaan pajak di akhir semester dua ini bisa lebih maksimal. Apalagi sekarang ada program tax amnesty yang dicanangkan pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu terkait dengan pemangkasan anggaran oleh pemerintah pusat, dipastikannya akan turut mempengaruhi penerimaan pajak. Pasalnya kontribusi penerimaan pajak dari proyek pemerintah selama ini cukup tinggi meski bukan yang utama.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge