0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Narapidana Diajari Memanfaatkan Sumber Pangan

Pelatihan bercocok tanam warga binaan Lapas Kelas IIA Sragen. (foto: Agung)

Sragen – Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Sragen mengikuti pelatihan bercocok tanam dan pembuatan kerajinan. Cara ini dinilai bermanfaat, lantaran bisa menjadi bekal hidup bagi narapidana setelah menghirup udara bebas.

“Kita diajari tanam terong, sawi, bayam dan kangkung. Selain itu kita juga diajari mengolah beragam makanan,” kata warga binaan Lapas Kelas IIA Sragen, Haryati (41), Jumat (16/9).

Haryati yang merupakan napi narkoba tersebut menyampaikan, selain bercocok tanam para napi yang menjelang bebas juga diajarkan membuat sejumlah kerajinan. Mulai dari kerajinan tas rajut hingga prakarya koran.

“Kita dapat pelatihan seminggu dua hingga tiga kali. Untuk koran dibuat handycraft,” ujarnya.

Seksi Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Sragen, Slamet Hariyadi mengatakan, pihaknya memang memberi pembekalan dan pendampingan terhadap para napi. Mulai dari pertukangan, menjahit, merajut, tata boga hingga bercocok tanam.

Sementara, Kasi Ketahanan Pangan dan Konsumsi Kantor Ketahanan Pangan Sragen, Budi Pranowo menjelaskan, selain materi bercocok tanam dan pengolahan pangan, juga diberikan pengetahuan dalam pemanfaatan lahan pekarangan.

“Pelatihan kita banyak, selain sayuran juga pembekalan budidaya lele. Jadi kita ajarkan bagaimana memanfaatkan sumber pangan,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge