0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polres Luncurkan Aplikasi Perpanjangan SIM Online

foto: Aditya
Seorang Polwan Polres Klaten menunjukkan aplikasi perpanjangan SIM online (foto: Aditya)

Klaten – Polres Klaten meluncurkan layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online, Jumat (16/9). Layanan tersebut dapat diakses melalui laman http://simonline-polresklaten.net/.

“Untuk sementara kita prioritaskan bagi pemohon perpanjangan SIM. Sebab peminatnya banyak, karena setiap harinya ada lebih dari 100 pemohon,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Klaten, AKP Kemas Indra Natanegara, Jumat (16/9).

Diterangkan, persyaratan pertama registrasi SIM online yakni, SIM yang bisa diperpanjang hanya SIM A dan SIM C yang dikeluarkan oleh Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polres Klaten. Kemudian, perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir atau paling lambat tiga bulan setelah SIM habis.

Berikutnya, pemohon membawa persyaratan berupa SIM lama, foto copy KTP, surat keterangan dokter dan bukti pembayaran PNBP SIM, serta kode verifikasi untuk diserahkan kepada petugas loket pendaftaran SIM di kantor Satpas Polres Klaten.

“Tinggal buka websitenya, lalu isi biodata yang ada di formulirnya sekitar 10 menit. Setelah itu pemohon akan mendapat kode verifikasi. Kemudian datang ke loket pendaftaran membawa berkas kelengkapan dan menyerahkan kode verifikasi lalu kita print,” terang AKP Kemas.

Meski masih banyak kelemahan, imbuh dia, pemohon registrasi perpanjangan SIM online bakal diprioritaskan karena layanan tersebut berbasis teknologi informasi. Siapa yang terlebih dahulu mengisi aplikasi itu, maka dia yang pertama akan dilayani.

“Pemohon online memiliki prioritas pertama untuk foto, enggak perlu antri lagi. Sebelum ada aplikasi online ini tergantung banyak tidaknya antrian sehingga lebih hemat waktu,” imbuhnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge