0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Alasan UNS Anugerahkan Gelar Doktor HC kepada Jamdatun

dok.timlo.net/tyo eka
Rektor UNS Ravik Karsidi (kanan) dan Jamdatun Bambang Setyo Wahyudi (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) akan menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa/HC) dalam bidang Ilmu Hukum khusus di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara kepada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Bambang Setyo Wahyudi SH MM. Upacara penganugerahan akan dilaksanakan di Auditorium UNS, Kampus Kentingan, Jebres, Solo, Sabtu (17/9).

“Pidato ilmiah yang akan disampaikan berjudul Peran Kejaksaan bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dalam Pemulihan dan Penyelamatan Kekayaan Negara Akibat Tindak Pidana Korupsi,” jelas Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS didampingi Bambang Setyo Wahyudi saat memberi keterangan pers, di Pusdiklat UNS.

Ravik mengatakan, Bambang Setyo Wahyudi merupakan alumni Fakultas Hukum UNS tahun 1977 berhak menerima gelar Doktor Kehormatan karena dinilai telah berhasil membangun paradigma baru dalam mewujudkan peran dan fungsi Kejaksaan RI.

Menurut Ravik, Bambang adalah seorang konseptor yang kuat dalam mendorong fungsi kejaksaan agar tidak hanya mengedepankan pendekatan represif, tetapi juga menjalankan fungsi preventif bagi tindak pidana korupsi. Hal itu, antara lain ditempuh melalui kebijakan pendampingan bagi berbagai instansi pemerintahan, dalam pengadaan barang dan jasa. Sehingga tidak perlu terjadi kriminalisasi terhadap kebijakan yang dibuat oleh Pejabat Tata Usaha Negara.

Bambang, menurut Rektor UNS, juga terbukti sangat gigih berpartisipasi dalam aksi penyelamatan lingkungan, salah satunya dengan menggugat korporasi yang diduga terlibat dalam pembakaran lahan hutan, yang bertujuan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kebakaran hutan di luar Jawa.

“Dirinya (Bambang Setyo Wahyudi) juga menjabat sebagai Ketua Tim Eksekusi Yayasan Supersemar, dimana Kejaksaan Agung masih menelusuri asset yayasan tersebut yang diduga masih tersebar dimana-mana,” ungkap Ravik.

Penganugerahan gelar Doktor Honoris Cuasa Bambang Setyo Wahyudi akan dihadiri Jaksa Agung HM Prasetyo dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge