0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sidang Interpol Sedunia di Bali Bahas Kejahatan Internasional

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Sidang umum interpol atau interpol conference ke-85 digelar di Bali pada tanggal 7-10 November 2016 mendatang. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan acara tersebut sangatlah penting. Mengingat ada sekitar 196 negara anggota yang tergabung di Interpol.

Indonesia sendiri baru masuk setelah interpol berdiri selama 21 tahun. Dalam event tersebut, yang akan hadir adalah kepala-kepala polisi setingkat menteri, selain itu sejumlah lembaga seperti Bea Cukai, Imigrasi, KKP dan Bandara turut hadir.

“Dalam sidang itu nanti kita akan membahas isu tentang transnational crime, terorisme, ilegal fishing, cyber crime, intinya kejahatan internasional,” ujarnya di Nusa Dua, Kamis (15/9).

Interpol conference tersebut merupakan satu upaya kerja sama seluruh negara di dunia untuk menunjukkan pengalamannya masing-masing di bidang preventif kejahatan yang bersifat transnasional atau internasional.

Nantinya para penegak hukum, aparat diberi penguatan termasuk polisi untuk pencegahan dan meminimalisasi gangguan keamanan.

“Ya termasuk dalam hal kejahatan yang bersifat internasional termasuk terorisme,” katanya.

Manfaatnya, ketika kejahatan lintas negara terjadi tidak bisa negara itu bekerja sendirian karena masing-masing negara punya hukum sendiri. Untuk itu diperlukan kerja sama dengan negara lain dalam hal ini dengan interpol.

“Misalnya ada kejahatan di satu negara terus pelakunya kabur bagaimana nantinya proses hukum. Kita ada kerjasamanya dalam bentuk kegiatan penindakan joint investigation, local delicitynya ada di negara A mungkin bisa saja pelakunya ada di negara lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Tito melakukan pembahasan dengan para panitia penyelenggara. Tidak hanya itu, Jenderal Polisi itu juga memantau kesiapan pengamanan yang disiapkan Polda Bali selaku tuan rumah yang nantinya akan digelar di Nusa Dua, Kuta Selatan.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge