0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dosen UNSA Raih Doktor UNS dengan Pujian

Agus Trihatmoko ujian doktor di UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Agus Trihatmoko, dosen Fakultas Ekonomi Univeritas Surakarta (UNSA) meraih gelar doktor dengan pujian setelah berhasil mempertahankan disertasinya di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Drs Sutarno MSc PhD, di Ruang Senat Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Kamis (15/9). Agus yang mendapatkan nilai 3,88 tercatat sebagai doktor UNS ke 234.

“Hasil penelitian terungkap bahwa hubungan antara rekanan prinsipal dengan distributor dibangun berdasarkan kontrak perjanjian distributor,” jelas Agus saat mempertahankan disertasinya yang berjudul Proses Keputusan Pembelian Produk Baru Oleh Grosir Industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di Pasar Tradisional.

Agus mengatakan, hasil identifikasi terhadap total pasar bisnis di pasar tradisional menunjukkan bahwa jumlah kelompok pasar bisnis di Indonesia sebanyak 2.480.349 unit toko. Rata-rata cakupan pelanggan distributor secara regular dan temporer pada kisaran 11 % dari total pasar bisnis.

Dosen Fakultas Ekonomi UNSA mengemukakan bahwa hasil penelitian mengungkapkan bahwa cukupan pelanggan grosir menentukan tingkat distribusi dan bagian pasar produk serta menentukan perluasan cakupan pelanggan distribusi.

“Berdasarkan temuan itu, maka dapat disimpulkan bahwa grosir pasar tradisional memiliki peran sangat penting untuk memperluas atau mendorong tingkat distribusi produk dan bagian pasar produk FMCG pada teritorial wilayah pemasaran di Indonesia,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Agus mengemukakan fokus penelitian pada tahap aktivitas pembelian, dapat diperkirakan bahwa akhir dari perspektif pembeli yaitu akan memutuskan untuk membeli atau menolak pembelian produk baru yang ditawarkan oleh para pemasoknya. Sementara itu, pembeli pada waktu bersamaan dihadapkan pada transaksional untuk produk lama dan untuk produk baru.

“Selanjutnya yang menjadi masalah adalah bagaimana proses pengambilan keputusan pembelian untuk produk baru yang dilakukan oleh pembeli pada pasar bisnis tipe grosir?” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge