0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Duh, PJU Pintar Sudah Nggak Pintar Lagi

dok.timlo.net
Kepala DKP Solo Hasta Gunawan (dok.timlo.net)

Solo — Seluruh Penerangan Jalan Umum (PJU) pintar di Solo sudah lama tak berfungsi lantaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) tidak bisa mengelola. Pasalnya, DKP tidak memegang password administrator lampu-lampu tersebut.

“Dulu awal-awal memang berjalan. Tapi nggak lama. Sekarang ya kita jalankan manual seperti biasa,” kata Kepala Seksi PJU DKP Solo, Suyatmo, Rabu (14/9).

Idealnya, petugas DKP bisa mengatur tingkat meredupkan (dimming) PJU Pintar dari aplikasi di ponsel. Pengaturan bisa dilakukan secara otomatis berdasarkan waktu maupun manual sesuai kebutuhan. Misalnya, lampu bisa diatur dengan intensitas cahaya 100 persen mulai pukul 18.00 – 20.00, lalu diturunkan hingga 75 persen pada pukul 20.00 – 22.00 kemudian diredupkan jadi 50 persen pada pukul 22.00 – 06.00. Namun untuk mengakses aplikasi pengendali lampu tersebut dibutuhkan password administrator. Password tersebut sampai sekarang belum diserahkan kepada DKP.

“Yang memegang passwordnya ya yang memberi dulu. Kita tidak diberi tahu,” kata dia.

Ia mengatakan jumlah PJU pintar di Solo sebenarnya tidak banyak. Hanya 20 unit dari Corporate Social Responsibility (CSR) sebuah perusahaan lampu, ditambah hibah dari beberapa perusahaan lain. Ia mengaku sampai saat ini, pihaknya belum diserahi password administrator. Padahal password tersebut diperlukan untuk pemeliharaan serta pengaturan inttensitas lampu dari jarak jauh melalui aplikasi di telephon seluler.

“Cuma sedikit. Dulu kan hanya uji coba,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala DKP Hasta Gunawan menyatakan sepanjang jalan Slamet Riyadi hingga Jendral Sudirman sudah dipasang PJU pintar. Namun Suyatmo membantah pernyataan itu. Yang dimaksud Hasta, kata dia, adalah pemasangan meteran untuk memantau penggunaan listrik pada PJU.

“Memang di Slamet Riyadi mulai Gendengan sampai Gladag sama Jendral Sudirman sudah dipasang meteran semua. Tapi yang online baru beberapa,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge