0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mega Proyek Pemkab Dinilai Ciderai Rakyat Kecil

Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Sukoharjo — Rencana pemerintah membangun sejumlah gedung pemerintahan dengan angaran mencapai ratusan miliar mendapat reaksi dari sejumlah masyarakat. Pemerintah dinilai tidak peka dengan kondisi sosial masyarakat yang lebih membutuhkan anggaran tersebut.

“Saya rasa pembangunan ini mencederai hati rakyat kecil. Dan seharusnya pemerintah memprioritaskan kepada peningkatan pelayanan kesehatan akses pendidikan yang masih banyak dikeluhkan masyarakat,” kata salah satu warga, Sumarjono, Rabu (14/9).

Dijelaskan, di masyarakat masih banyak mengeluhkan akses kesehatan yang dinilai semakin sulit diakses karena persyaratan yang cukup rumit. Selain itu, pengangguran dan warga yang hidup di bawah garis kemiskinan masih cukup tinggi, sehingga alokasi dana dinilai lebih tepat disalurkan ke program yang langsung dirasakan masyarakat.

Sedangkan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan industri kreatif rumahan untuk saat ini masih banyak yang belum tersentuh pemerintah. Dan selama ini mereka tumbuh dan berkembang dengan sendirinya yang pada kenyataanya masih banyak menemui hambatan.

“Mestinya pemerintah lebih memprioritaskan program yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Misalnya dengan menyalurkan bantuan stimulan kepada pelaku UKM dan industri kreatif, atau peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan,” tandas perwakilan mahasiswa, Bayu Aji.

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2017 merencanakan pemindahan gedung DPRD dan membangun Masjid Agung senilai Rp 95 Miliar dari rencana awal Rp 120 Miliar. Sedangkan pada tahun 2018 direncanakan pembangunan Gedung Setda dan pembangunan Gedung pertemuan serta plasa.

Pembangunan sejumlah gedung ini bertujuan menata wajah Kota Sukoharjo yang sudah dimlai sejak tahun 2011 hingga tahun 2031 mendatang. Sedangkan pemindahan kedung DPRD sebagai program pengembangan wilayah kota.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge