0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Trend Bisnis Online Shop, Membuat Angka Pengangguran Menurun

Kepala BPS Solo R Bagus Rahmat Susanto (foto: Setyo)

Solo – Gencarnya pembangunan hotel dan munculnya trend usaha online shop turut mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka di daerah Solo. Dari survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran di Solo cenderung terjadi penurunan sejak tiga tahun terakhir.

“Dari survei yang kita lakukan, pada 2015 tingkat pengangguran terbuka di Solo mencapai 4,53 persen. Angka itu turun jika dibandingkan 2014 sebesar 6,16 persen dan 2013 sebesar 7,18 persen,” ujar kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Rabu (14/9).

Dirinya mengatakan, turunnya angka pengangguran tersebut berbanding lurus dengan gencarnya pembangunan hotel di Solo. Selain itu, juga dipengaruhi dengan trend bisnis online shop sebagai usaha rumahan.

“Bisnis online shop ini ternyata cukup banyak dilakukan masyarakat untuk mencari tambahan penghasilan. Khususnya bagi para ibu rumah tangga dan mahasiswa,” jelasnya.

Sedangkan dari sensus ekonomi yang dilakukan, untuk jumlah pengusaha yang ada di Solo hingga saat ini meningkat sekitar 10,09 persen. Dari jumlah data itu, sebagian besar berasal dari sektor UMKM.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge