0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pugar Rumah, Warga Miskin Bayat Dibantu Rp 1,68 Miliar

dok.timlo.net/aditya wijaya
Warga gotong royong membangun rumah tak layak huni (dok.timlo.net/aditya wijaya)
Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyalurkan bantuan Rp 1,68 miliar untuk pemugaran Rumah tidak layak huni (RTLH) di Kecamatan Bayat, Selasa (14/9). Bantuan sosial bagi masyarakat miskin itu secara simbolis diserahkan Bupati Klaten Sri Hartini di aula kantor kecamatan setempat.
“Bantuan bersumber dari APBD 2016 kepada 210 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 11 desa di Kecamatan Bayat dengan total Rp 1,68 miliar,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Klaten, Jaka Purwanto, Selasa (14/9).
Dijelaskan, sebanyak 210 KK yang menerima bantuan pemugaran RTLH tersebut masing-masing KK mendapatkan stimulan Rp 8 juta. Pasalnya, Kecamatan Bayat salah satu kecamatan yang masuk dalam zona merah kemiskinan.
“Sehingga dari jumlah yang dianggarakan sebanyak 1000 unit RTLH tahun 2016 (sebelum APBD Perubahan) yang diserahkan sudah sebanyak 732 unit dan masih menyisakan pemugaran 268 unit RTLH lagi,” jelas Jaka Purwanto.
Camat Bayat Edy Purwanto mengatakan, sebelumnya sudah ada bantuan pemugaran 1.269 unit RTLH. Karena wilayah Bayat termasuk daerah yang memiliki jumlah penduduk miskin cukup banyak di Klaten.
“Dengan demikian, hingga saat ini baru dua desa dari 18 desa yang ada sudah bebas RTLH.  Dijadwalkan tahun depan jumlahnya sudah menjadi sembilan desa yang bebas RTLH,” kata Edy Purwanto.
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge