0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alun-Alun Utara Solo bakal Direkondisi

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo Subagyo (dok.timlo.net/red)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berjanji akan melakukan rekondisi (perawatan ulang) alun-alun utara Keraton Solo setelah digunakan hampir dua tahun sebagai lokasi pasar darurat. Bahkan, perawatan ulang yang dilakukan akan lebih baik dibanding bentuk terakhir kawasan alun-alun utara sebelu digunakan sebagai pasar darurat.

“Akan kami rawat ulang dengan lebih baik, mengingat alun-alun utara ini sebagai salah satu ikon Kota Solo,” terang Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo Subagyo, Rabu (14/9).

Sejak digunakan sebagai pasar darrurat, kata Subagyo, kawasan tersebut dilakukan pemavingan dan pengecoran tiang pancang. Pihaiknya mengerti, jika hal tersebut menyalahi pakem alun-alun sebagai sebuah taman bermain masyarakat maupun keraton. Namun karena saat ini keadaan pasar klewer pasca kebakaran di tahun 2014, maka hal tersebut dapat dimaklumi.

“Setelah pedagang dipindah ke dalam (Pasar Klewer —Red), baru proses perawatan dapat kita lakukan,” jelasnya.

Sebenarnya, lanjut Subagyo, Pemkot masih memiliki waktu untuk menggunakan alun-alun utara hingga Juni tahun depan. Namun, rencananya awal tahun seluruh pedagang akan dimasukkan kedalam pasar. Waktu yang tersisa ini akan digunakan memperbaiki tanah dan rumput di alun-alun utara.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kota Solo Honda Hendarto mengaku sangat mendukung upaya rekondisi alun-alun utara yang dilakukan oleh pihak Pemkot. Mengingat, kawasan alun-alun sebagai fasilitas publik yang digunakan oleh masyarakat sebagai ajang olahraga dan rekreasi.

“Kita dukung rencana Pemkot ini. Akan kita upayakan semaksimal mungkin,” ungkap Honda Hendarto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge