0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Novel Jawa Modern Hantar Djoko Sulaksono Raih Doktor UNS

dok.timlo.net/tyo eka
Djoko Sulaksono raih gelar doktor UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pengembangan buku teks novel Jawa modern menghantar Djoko Sulaksono meraih gelar doktor UNS ke 232. Sulaksono juga berhasil meraih lulusan program Bahasa Indonesia ke 27.

“Dosen yang mengajar mata kuliah kritik sastra seharusnya memiliki referensi yang memadai mengenai buku kritik sastra khususnya yang membahas mengenai karya sastra berbahasa Jawa,” kata Djoko Sulaksono saat mempertahankan gelar doktor di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Drs Sutarno MSc PhD, di ruang sidang Senat UNS, Solo, Rabu (14/9).

Selain itu, lanjut Sulaksono,, mahasiswa pendidikan bahasa Jawa supaya lebih banyak membaca referensi mengenai sastra Jawa, khususnya novel berbahasa Jawa. “Hal ini penting mengingat novel-novel Jawa merupakan salah satu sumber nilai-nilai pendidikan budi pekerti,” tandasnya.

Dalam disertasinya, Sulaksnon menyarankan kepada pengelola Program Studi ataupun Kepala Program Studi Bahasa Jawa ataupun Sastra Jawa untuk lebih menambah dan menggiatkan referensi yang membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bahasa Jawa, khususnya sastra Jawa.

Ia juga menyarankan kepada penerbit atau percetakan buku teks dan referensi yang berdomisili di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur, sebaiknya lebih banyak memproduksi dan menerbitkan buku-buku referensi yang membahas mengenai karya sastra Jawa dan pendidikan budi pekerti secara lebih spesifik.

“Mengingat di tiga propinsi tersebut terdapat perguruan tinggi yang membuka Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa atau Jurusan Sastra Jawa, sehingga kebutuhan akan referensi sangatlah banyak,” ungkapnya.

Disertasinya yang berjudul Pengembangan Buku Teks Novel-Novel Jawa Moder Periode Pasca Kemerdekaan Berbasis Pendidikan Budi Pekerti (Penelitian Pengembangan di Universitas se Jawa Tengah), mengambil lokasi penelitian Perguruan Studi Pendidikan Bahasa Jawa dan Program Studi Pendidikan dan Sastra Jawa di UNS, IKIP PGRI Semarang dan UM Purworejo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge