0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beban Terlalu Berat, Dinas Perlu Pembenahan

dok.timlo.net/nanang
Kantor Disdikpora Karanganyar (dok.timlo.net/nanang)

Karanganyar — Meski diharapkan akan memperingan dan efisien kinerja Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) Pemkab Karanganyar. Namun beberapa dinas dinilai terlalu berat bebannya dan masih memerlukan pembenahan.

Misalnya Dinsosnakertrans yang berubah menjadi Dinas Sosial, tenaga kerja bergabung ke Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM. Transmigrasi menjadi hanya diurus salah satu seksi karena dinilai urusannya terlalu kecil.

Namun justru tenaga kerja yang memiliki cakupan kelola yang besar, hanya memiliki satu bidang. Semua dirangkum menjadi seksi-seksi. Ada seksi perlindungan dan penempatan naker, seksi pengawasan naker, seksi hubungan industrial dan seksi perluasan tenaga kerja.

‘’Sebetulnya ini terlalu berat kalau hanya satu bidang. Mestinya perlindungan dan penempatan serta perluasan kerja ada di satu bidang sendiri, kemudian hubungan industrial dan pengawasan satu bidang. Kalau hanya seksi akan berat sebab urusannya soal berkaitan dengan buruh, manajemen industri dan lainnya yang bersifat tripartit,’’ kata Sriwibowo, Kabid Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan, Dinsosnakertrans Karanganyar, Selasa (13/9).

Yang dipisah adalah perindustrian yang hanya satu seksi di bawah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Padahal urusan perindustrian tak melulu soal izin. Ada lagi Kebersihan dan Pertamanan yang masuk ke rumpun Dinas Perhubungan.

Sementara itu, Ada beberapa dinas yang sama sekali tidak berubah. Antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Peternakan, dan tiga badan yang tak boleh berubah yakni Badan Kesbangpol. Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Badan RSUD.

Yang lain semuanya baru atau gabungan dari berbagai dinas yang kemudian mengalami penggabungan karena dinilai lebih serumpun. Meski demikian ada beberapa yang dinilai terlalu berat bebannya dan masih memerlukan pembenahan dan lainnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge