0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kantongi Satu Nama Calon Sekda, Walikota Akan Temui Gubernur

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo memasuki babak akhir. Walikota Solo telah mengantongi satu nama yang akan diajukan kepada Gubernur Jawa Tengah agar segera dilantik. Namun ia enggan menyebut nama tersebut.

“Sudah ada satu nama. Tinggal kita ajukan ke Gubernur (Ganjar Pranowo – Red),” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (13/9).

Menurut Rudy, ia sudah berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terkait pengajuan nama Sekretaris Daerah Solo. Ganjar telah meminta Rudy untuk menemuinya Kamis (15/8) besok. Ia sendiri tidak tahu persis apa yang akan dibicarakan oleh Gubernur.

“Mungkin saya diminta menjelaskan kenapa memilih nama itu, diminta menjelaskan track record-nya,” kata dia.

Rudy mengatakan, Gubernur bisa saja menolak nama yang diajukan tersebut. Terkait hal itu, Pemerintah Kota Solo memastikan diri akan mematuhi instruksi Gubernur.

“Kalau ditolak ya sudah, tinggal kita ganti,” kata Rudy.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Solo, Hari Prihatno menyatakan pemilihan Sekda merupakan hak penuh Walikota. Hanya saja untuk menetapkan sekda definitif, diperlukan persetujuan Gubernur dan Komite Aparatur Sipil Negera (KASN).

“Laporannya bukan hanya ke Gubernur saja. Tapi juga ke KASN bahkan sampai Mendagri. Tujuannya supaya pemilihan Sekda ini benar-benar obyektif,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge