0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rayakan Idul Adha, Warga Desa Ini Santap Seribu Bakso

timlo.net/aditya wijaya
Masyarakat Desa Pandes, Wedi, Klaten merayakan Idul Adha dengan menyantap seribu bakso (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten – Ratusan warga Desa Pandes, Kecamatan Wedi merayakan Idul Adha 1437 Hijriah dengan takbir keliling, Senin (13/9) malam. Uniknya, paska pawai mereka langsung menyantap ribuan mangkuk bakso gratis yang berasal dari daging kurban.

“Ini kegiatan takbiran tahun kedua yang bertujuan syiar agama Islam, meningkatkan ukhuwah islamiyah masyarakat Pandes. Sekaligus mempererat kebersamaan warga untuk menciptakan kerukunan, baik lintas agama,” kata Kepala Desa (Kades) Pandes, Heru Purnomo, Senin (13/9).

Mengambil start dan finish di depan balai desa setempat, sekitar pukul 20.00 WIB ratusan umat Islam dari 19 RW di Desa Pandes menggemakan takbir. Mereka berjalan kaki mengeliling desa sejauh 2,5 kilometer. Selesai pawai, dengan beralaskan tikar, mereka menyantap bakso yang telah disediakan.

Menurut Heru, bakso sengaja dipilih lantaran praktis, gampang disaji, dan disukai banyak masyarakat. Apalagi bahan bakso terbuat dari daging sapi yang momentumnya tepat dengan hari raya Idul Adha.

“Target kami menyajikan 1.000 mangkuk bakso. Rata-rata satu RW menyumbangkan dua kilogram daging sapi kurban, sehingga terkumpul 43 kilogram yang dimasak salah satu warga kami yang kebetulan juga berjualan bakso. Jadi ini kegiatan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Karena semua melibatkan masyarakat Pandes yang didukung Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Pandes,” ujar Heru Purnomo.

Sementara itu, Sularno, pemasak bakso mengatakan, dari 43 kilogram daging sapi tersebut bisa ’disulap’ menjadi 1.100 mangkuk bakso. Adapun per mangkuknya berisi lima pentol bakso.

“Kalau saya dagang per hari rata-rata menghabiskan tiga kilogram daging sapi. Enggak ada kesulitan, karena tadi pagi langsung digiling dan dibantu 11 orang. Harapannya, kegiatan seperti ini bisa digelar setiap tahun,” kata Sularno.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge