0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tidak Disangka, Souvenir Ini Terbuat dari Barang Bekas

timlo.net/putra kurniawan
Perajin merchandise dari barang bekas, Surya (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Tidak disangka barang bekas dari botol minuman ringan dan kayu daur ulang bisa menjadi hiasan dinding dan kulkas. Bahkan souvenir yang sederhana namun terlihat artistik ini sudah dipasrkan hingga ke Jakarta, Bandung, Yogjakarta, dan Pulau Bali.

“Semua terbuat dari barang bekas, terutama dari kayu dan tutup botol minuman ringan. Idenya sih kebanyakan dari saya sendiri, tapi ada juga yang memang sudah ada saya buat lagi dengan merubah sesuai keinginan saya,” kata perajin merchandise dari barang bekas, Surya, Selasa (13/9).

Kerajinan tangan yang semua dikerjakannya sendiri sebagian besar untuk hiasan kulkas dan hiasan dinding, meskipun ada juga lampu dari jerigen bekas dan lukisan keramik. Hal ini dikarenakan hiasan didinding dan hiasan kulkas sangat laris di pasaran dan proses pengerjaannya cukup mudah dan cepat.

Industri kreatif yang terbilang cukup sukses ini dimulai Surya sejak lima tahun yang lalu, setelah usahanya sebagai pemasok bahan bakar industri dari serbuk kayu berhenti. Dari mengangur dan memulai dengan melukis di keramik, akhirnya dirinya menemukan sebuah ide untuk membuat kerajinan untuk oleh-oleh.

“Awalnya memang dari lukisan keramik dan saya jual di Ngarsopuro, pada suatu saat ada konsumen minta dibuatkan cineramata dari kayu dan ternyata bisa. Dari situ muncul ide membuat semua kerajinan tangan ini hingga sekrang ada sekitar 40 jenis, dengan harga mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 40.000,” tandasnya.

Dari usaha kerasnya sejak lima tahun yang lalu, saat ini omsetnya sudah mencapai Rp 10 juta per bulan. Selain itu, dari usaha yang ditekuninya saat ini, juga memberikan tambahan penghasilan bagi tetangga sekitar rumahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge