0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

100 Brimob Kompi C Jateng Jaga Freeport di Papua

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono lepas anggota Brimob tugas ke Mimika (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sebanyak seratus anggota Brimob Kompi C Jateng, dilepas Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono di Mako Brimob Detasemen C Pelopor Subden 3, Gunung Kendil, Mojosongo, Boyolali, untuk diberangkatkan menuju ke Mimika, Papua.

“Mereka akan bertugas melakukan pengamanan obyek vital di PT Freeport selama empat bulan,” kata Kapolda Irjen Pol Condro Kirono, usai pelepasan, Selasa (13/9).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda meminta agar pasukan yang ditugaskan ke Mimika selalu menghormati kultur dan budaya di Papua. Selain itu, dalam menjalankan operasi, diminta untuk selalu berpedoman dengan terhadap analisis daerah.

“Anggota wajib menghormati kultur dan budaya di Papua,” tegas Kapolda.

Dijelaskan, PT Freeport berada di Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika. PT Freeport adalah perusahaan yang mengolah hasil tembaga dan perak terbesar ketiga di dunia, serta penghasil emas terbesar di dunia. Perusahaan ini telah berkonstribusi terhadap penerimaan pajak negara hingga 1,7 %. Selain itu, sebanyak 12.000 orang Indonesia bekerja di PT Freeport.

“Tidak hanya pengamanan tenaga lokal namun juga tenaga asing,” tambahnya.

Yang patut diwaspadai, pelaku gerakan sporadis di Mimika bukan pelaku kriminal biasa. Selain bersenjata, pelaku kriminal terbiasa naik ke gunung pada kemiringan 70 derajat tanpa sepatu. Ketahanan pada suhu beku mereka bisa mencapai 2 x 24 jam dan ketepatan menembak mereka luar biasa.

“Anggota pakai rompi saja mereka bisa menembak di sela-selanya, jadi harus lebih waspada,” imbuhnya.

Di Papua, anggota Brimob Polda Jateng akan bertemu dengan pasukan pengamanan dari satuan lain seperti TNI dan Brimob Polda Papua.

“Jangan tinggalkan prosedur standar operasi kalau ingin kembali sehat dan selamat,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge