0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dishubkominfo Siapkan Antisipasi Dampak SSA Slamet Riyadi

Peresmian SSA Jl Slamet Riyadi dari Purwosari - Gendengan (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika meresmikan Sistem Satu Arah (SSA) di ruas Purwosari – Gendengan, Jalan Slamet Riyadi, Selasa (13/9). Namun diakui, penerapan SSA akan berdampak ke jalan-jalan lain. Namun Dishubkominfo memastikan pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi.

“Kita sudah laksanakan survei kepada pengguna jalan. Kalau diterapkan SSA akan lewat mana. Tapi kan kita tidak tahu nanti akan seperti apa,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Sri Baskoro usai peresmian SSA di depan Stasiun Purwosari.

Sri Baskoro menambahkan, penerapan SSA di ruas Purwosari Gendengan diperkirakan akan meningkatkan arus lalu lintas di sejumlah jalan di antaranya Jl Kenanga Selatan Masjid Kottabarat, Jl Hasanuddin Brengosan, Jl Adi Sucipto Manahan, Jl Radjiman, serta Jl dr Wahidin dan Sutowijoyo (Barat Solo Grand Mall). Lalu lintas di jalan-jalan itu diperkirakan akan meningkat paska penerapan SSA.

“Tapi nanti Jl K H Samanhudi diharapkan bisa berkurang kepadatannya,” kata dia.

Kepala Dishubkominfo Solo Yosca Herman Sudrajat menambahkan, meski data survei sudah ada di tangan, pihaknya tetap mengantisipasi adanya kemungkinan-kemungkinan lain. Pasalnya, belum semua lalu lintas di Solo terpantau oleh Dishubkominfo melalui central control room (cc-room). Kendalanya, dishubkominfo tidak memiliki data akurat mengenai jumlah kendaraan di Solo.

“Belum semua simpang bisa terpantau. Baru 42 yang terpantau melalui cc-room. Itu pun belum semua bisa traffic counting otomatis, hanya di simpang-simpang vital dan prioritas. Selebihnya kalau mau dihitung harus manual,” kata dia.

Kurang akuratnya data terkait pola mobilitas kendaraan di Solo inilah yang masih menjadi kendala dalam mengantisipasi dampak SSA terhadap jalan-jalan lain. Namun demikian, Dishubkominfo sudah menyiapkan sejumlah skenario.

“Kita lihat selama sebulan nanti akan seperti apa. Baru kita sesuaikan,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge