0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paling Besar, Sapi Jokowi Jadi Pusat Perhatian

timlo.net/ichsan rosyid
Sapi sumbangan Presiden Joko Widodo sesaat sebelum disembelih. Sapi seberat 1,2 Ton itu menarik perhatian warga dan jamaah Masjid Agung Surakarta (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Sapi sumbangan Presiden Joko Widodo menjadi pusat perhatian pada saat penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Surakarta, Senin (12/9). Ratusan warga dan jamaah masjid berkerumun untuk menonton proses penyembelihan sapi benggala warna putih itu.

“Sapinya besar sekali. Penasaran saja bagaimana cara menyembelihnya,” kata salah satu jamaah, Charis.

Sapi yang dibeli dari daerah Boyolali sekilas tampak lebih agresif dibanding sapi lain. Beberapa kali sapi itu mendengus sambi mengambil ancang-ancang, seolah-olah akan menyerang. Namun sang jagal berhasil menyembelih sapi itu dengan mudah setelah keempat kaki sapi itu diikat lalu dijatuhkan.

“Sapi sumbangan Pak Jokowi memang yang paling besar. Terbesar yang pernah kita sembelih,” kata Sekretaris Takmir Masjid Agung Surakarta, Abdul Basid.

Selain menyembelih sapi sumbangan Presiden, Masjid Agung juga menyembelih tujuh sapi lain serta 20 kambing sumbangan dari berbagai pihak. Menurut Basid, jumlah tersebut meningkat dari tahun lalu.

“Setiap tahun Alhamdulillah selalu bertambah,” kata dia tanpa menyebut angka pasti.

Presiden Joko Widodo sendiri tahun ini menyumbang total 39 sapi. Satu sapi disumbangkan ke 34 Provinsi masing-masing satu ekor. Khusus Solo mendapatkan dua ekor sapi yang diserahkan ke Masjid Agung Surakarta dan Masjid Agung Mangkunegaran Al-Wustho. Sisanya disumbangkan ke Masjid Istiqlal Jakarta serta tempat yang dikunjungi Presiden di Serang, Banten.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge