0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Idul Adha, Pasar Tradisional Sepi

Boyolali – Kondisi sejumlah pasar tradisional di wilayah Boyolali terlihat sepi saat Hari Raya Idul Adha. Kondisi ini berbeda pada H-1 dan H-2 menjelang Hari Raya. Dimana pada saat itu, banyak masyarakat yang ke pasar membeli kebutuhan untuk mengolah daging kurban.

“Kemarin ramainya, pada beli bahan untuk masak gule, tongseng, kalau sekarang sepi,” kata Tutik, pedagang kelontong di Pasar Boyolali Kota, Senin (12/9).

Diakui Tutik, kondisi pasar selalu sepi saat Idul Adha, pembeli baru tampak pada siang menjelang sore hari. Itupun yang paling ramai dibagian los bumbu masakan dan los buah kelapa. Selain itu juga di lokasi penggilingan daging, biasanya antrian memanjang.

“Kalau di los daging ayam, atau sapi, hanya satu dua yang membeli, mungkin karena di rumah sudah ada daging kurban,” tambah Tutik.

Sementara itu, karena kondisi pasar sepi saat pelaksanaan sholat Ied, pagi tadi, banyak pedagang yang membiarkan kios dan lapaknya terbuka dan ditinggalkan. Mereka biasanya menitipkan ke pedagang yang tidak salat.

“Kita yang di sini yang kebagian mengawasi dagangan temen-temen,” sahut Wati, pedagang daging ayam.

Sepinya pasar, juga berimbas terhadap pendapatan petugas parkir. Heri (53) petugas parkir di halaman depan Pasar Kota Boyolali, pendapatannya turun hingga 50 persen. Hanya saja, dia enggan menyebutkan jumlah pendapatannya.

“Tiap hari besar pasar sepi, pendapatan pun ikut turun,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge