0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nikmatnya Telur Ikan Asli Waduk Gajah Mungkur

Bu Muji,tekuni usaha telur ikan (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Bagi pecinta kuliner, tak lengkap rasanya jika belum menjajal rasa makanan ini. Selain rasa yang gurih dan nikmat, harganya pun murah meriah. kandungan gizinya juga tidka diragukan lagi.

Telur ikan air tawar ini asli dari perairan Waduk Gajah Mungkur (WGM) yang telah diolah menjadi panganan siap saji. Seperti di Kecamatan Baturetno, di tangan Bu Muji (65) warga Dusun Patuk Kidul RT2/RW3 Desa Baturetno, telur ikan hasil tangkapan nelayan yang ia kumpulkan diolah menjadi lauk yang sangat bergizi.

Hampir puluhan tahun, janda beranak tiga ini menggeluti pekerjaannya, yakni menjadi pengepul ikan. Berbagai jenis ikan ia tampung, seperti ikan nila, patin dan ikan tawes. Selanjutnya ikan-ikan tersebut dijual ke pedagang ikan dari Solo dan Jatim.

Ikan yang ia jual selama ini, rata- rata dalam kondisi bersih yakni kotoran di dalamnya serta sisiknya juga sudah dibersihkan. Sehingga para pembeli, sesampainya di rumah tinggal memasak saja tanpa perlu repot lagi dengan bau amis ikan.

“Sebenarnya, telur ikan ini dulunya hanya dibuang tidak dimanfaatkan. Karena banyak yang memesan kemudian saya olah menjadi makanan untuk lauk pauk,” ujarnya, Senin (11/9).

Lantaran banyak peminatnya, tiap hari telur-telur ikan tersebut ia kumpulkan. Selanjutnya diolah dengan cara dikukus. Selama ini ia mengandalkan setoran dari nelayan perairan WGM di Kecamatan Baturetno.

Setiap hari, puluhan kilogram telur ikan mentah ia olah menjadi lauk yang nilai gizinya. Konon baik bagi pertumbuhan anak-anak.

“Sebelum dikukus, terlebih dahulu saya bungkus menggunakan daun pisang, seukuran bungkusan tempe,” jelasnya.

Selanjutnya, bungkusan kecil telur ikan yang sudah masak itu dijual ke pasar. Namun, terkadang tak sempat ke pasar sudah habis. Bahkan, jauh hari sudah banyak yang memesan melalui sms.

“Setiap tiga bungkus kecil ini, saya jual Rp 5.000,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge