0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petugas Masih Temukan Cacing Hati

Penemuan cacing hati (foto: Nanin)

Boyolali – Petugas bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan Boyolali masih menemukan cacing hati pada seekor sapi yang dijadikan hewan kurban. Meski layak dikonsumsi, namun disarankan hati yang terdapat cacing hatinya untuk dibuang.

“Masih bisa dikonsumsi,tapi bagian yang terdapat cacing harus dibuang,” kata Dokter Hewan Rian Dwi Hapsari, petugas Keswan Disnakan, Senin (12/9).

Penyakit cacing hati, menurut Rian, salah satu faktornya berasal dari makanan, seperti rumput yang masih muda. Selain itu, cuaca kemarau basah ini juga sangat berpengaruh berkembangnya cacing hati. Dimana, biasanya cacing hati berada di akar rumput yang tumbuh dekat dengan areal persawahan.

“Cuaca basah sangat berpengaruh perkembangan biakan cacing hati,sebaiknya pakan hijau dicuci dulu sebelum diberikan ke ternak,” ujar Rian.

Selain cacing hati, petugas juga menemukan penyembelihan hewan qurban yang tidak memenuhi unsur kesehatan. Seperti misalnya, hewan qurban yang disembelih dan dikuliti tidak diberi alas, sehingga langsung diatas tanah. Selain itu, saat pemotongan daging, mestinya kaki warga tidak menyentuh plastik tempat pemotongan.

“Proses pemotongan masih kurang hiegienis,” jelas dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge