0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Merokok Bisa Kurangi Asupan Kalori Tubuh

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net—Merokok bisa memiliki efek yang sangat signifikan terhadap asupan kalori perokok. Para perokok makan 152 kalori lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak merokok. Pengurangan kalori ini disebabkan oleh efek rokok pada jumlah hormon ghrelin, hormon lapar, kata para peneliti dalam sebuah penelitian baru.

“Penelitian menemukan jika merokok memiliki efek kuat terhadap asupan energi karena mengubah jumlah ghrelin,” kata pemimpin penelitian, Konstantina Zachari dari Harokopio University, Athena, Yunani.

Oleh karena itu saat orang berhenti merokok mereka bisa mengalami obesitas. Remaja khususnya remaja puteri biasanya merokok atau berhenti merokok demi menjaga berat badan mereka, terang penelitian itu. Efek rokok terhadap berat badan mempengaruhi remaja perokok hingga masa dewasa mereka.

Salah satu hal yang membuat orang malas berhenti merokok adalah karena berat badan mereka akan naik 10 kg selama lima tahun setelah berhenti. Penelitian itu bertujuan menguji efek rokok pada asupan kalori, perasaan subyektif dan hormon yang berhubungan dengan selera makan.

Untuk penelitian itu, tim itu melibatkan 14 pria sehat yang berpartisipasi dalam dua percobaan selama semalam di mana mereka puasa merokok dan makan. Hasil penelitian dipresentasikan di 2016 European Respiratory Society (ERS) International Congress di London, Inggris baru-baru ini.

Sumber: Business-Standard.com

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge