0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mendekati Tenggat Akhir, Rivitalisasi Keraton 75 Persen Rampung

foto: Rosyid
Kori Kamandungan, Keraton Kasunanan Surakarta (foto: Rosyid)

Solo — Mendekati tenggat akhir pengerjaan revitalisasi Keraton Surakarta, pengerjaan fisik bangunan cagar budaya itu telah mencapai kisaran 75 persen. Diharapkan revitalisasi rampung sebelum batas waktu pengerjaan yang jatuh di penghujung Oktober.

“Sebagian bangunan sudah selesai 100 persen. Sekarang kita sedang kerjakan Dalem Ageng Prabasuyasa,” kata Menantu PB XII, Eddy Wirabhumi, Minggu (11/9).

Ia merinci bagian yang telah selesai dikerjakan adalah Bangsal Smarakata, Kusuma Wandawa, Panti Busana, serta Bangsal Budhaya. Dalem Ageng Prabasuyasa yang tengah dikerjakan mendapat giliran akhir karena memerlukan kehati-hatian. Menurut keryakinan Jawa, ruang penyimpanan pusaka Keraton Surakarta itu tidak bisa dijamah orang sembarangan sehingga perlu perlakuan khusus.

“Dalem Ageng termasuk bangunan paling sakral. Tidak bisa sembarangan,” tambahnya.

Sebagai informasi, pengerjaan revitalisasi Keraton Surakarta dimulai sejak April lalu. Proyek senilai Rp 6,3 Miliar itu dibayai dari APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan tujuan menjaga kondisi bangunan benda cagar budaya tersebut. Selain itu, dengan kondisi fisik yang lebih terawat diharapkan jumlah wisatawan ikut meningkat.

Revitalisasi sendiri lebih difokuskan pada perbaikan atap bangunan yang sudah lama lapuk. Atap sirap dari kayu yang sudah berusia puluhan tahun itu diganti dengan atap sirap dari bahan campuran semen dan fiber.

“Diharapkan bisa bertahan sampai 50 tahun lebih,” kata Eddy.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge