0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sapi Jokowi Diperkirakan Paling Besar se-Solo

Sapi Brenggala sumbangan Presiden Joko Widodo dikirim ke Masjid Agung, Minggu (11/9) pukul 15.00 WIB. Sapi 1,2 Ton itu sempat menarik perhatian pengunjung serta warga sekitar Masjid Agung. (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Sapi kurban milik Presiden Joko Widodo tiba di Masjid Agung Surakarta, Minggu (11/9) sekitar pukul 15.00 WIB. Sapi Benggala seberat 1,2 Ton itu menarik warga dan pengunjung Masjid Agung yang kebetulan sedang berada di sekitar lokasi.

“Di Solo sepertinya tidak ada yang mencapai satu ton untuk Idul Adha tahun ini. Ini mungkin yang terbesar di Solo,” kata Sekretaris Takmir Masjid Agung, Abdul Basid setelah menerima sapi dari relawan Jokowi.

Basid memperkirakan, sapi yang dibeli dari daerah Sobokerto, Boyolali itu bisa dibagi menjadi lebih dari seribu bungkus daging sapi. Setiap bungus berisi setengah kilo. Tidak semua bagian sapi yang bisa dibagi. Berdasarkan pengalaman, seekor sapi 250 Kg bisa dibagi menjadi 300 bungkus.

“Karena punya Pak Jokowi lebih dari satu Ton, kemungkinan bisa jadi seribu bungkus lebih. Itu setelah dikurangi kepala, tulang dan lain-lain,” kata dia.

Ia menambahkan, untuk tahun ini, Masjid Agung menyembelih delapan sapi dan delapan kambing dari pedagang pasar Klewer, warga sekitar, serta jamaah Masjid Agung. Jumlah itu kemungkinan bisa bertambah karena sampai tiga hari setelah Idul Adha, panitia masih menerima titipan hewan kurban dari masyarakat.

“Kita sangat berterima kasih, Bapak Jokowi sampai sekarang masih percaya kepada kami,” kata dia.

Salah satu relawan Jokowi, Quirinto Endhi atau akrab disapa Rinto menerangkan tahun ini, Jokowi berkurban total sebanyak 39 sapi. Sapi-sapi itu dibagi ke 34 provinsi. Masing-masing provinsi mendapat jatah satu sapi.

“Sisanya untuk Solo dua ekor, untuk Masjid Istiqlal Jakarta satu ekor. Sisanya di sembelih di tempat yang akan dikunjungi,” kata dia.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo rutin menyumbang sapi setiap Idul Adha melalui Masjid Agung. Kebiasaan tersebut dimulai sejak Jokowi menjabat sebagai walikota Solo pada tahun 2005 silam. Tahun ini, selain di Masjid Agung, Jokowi juga menyumbang seekor sapi di Masjid Agung Mangkunegaran, Al-Wustho.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge