0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jumlah Wisman ke Solo Turun Drastis, Ini Penyebabnya

dok.timlo.net/red
W (dok.timlo.net/red)

Solo —  Jumlah wisatawan mancanegara (Wisman) yang datang melalui pintu masuk Bandara Internasional Adi Sumarmo, pada Juni 2016 mengalami penurunan yang signifikan. Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan tersebut adalah layanan maskapai yang berkurang.

“Pada Juli kemarin jumlah Wisman yang datang sebanyak 384 orang. Atau turun sebanyak 1,79 persen jika dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 391 orang,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Jumat (9/9).

Sementara jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya, menurut dia, kondisinya lebih parah lagi atau turun sebanyak 47,40 persen. Faktor utama yang menjadi penyebab adalah kondisi ekonomi global dan juga layanan maskapai internasional yang ada di Bandara Adi Sumarmo.

“Karena seperti yang kita tahu, bahwa saat ini maskapai yang melayani rute internasional sangat sedikit. Bahkan Air Asia belum lama ini juga menghentikan operasinya untuk rute Solo-Kuala Lumpur,” jelasnya.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan, jumlah kunjungan wisaman terbanyak berasal dari warga Negara Malaysia yaitu, 290 orang atau menyumbang sekitar 75,52 persen. Kemudian  disusul dari Taiwan sebanyak 8 orang atau menyumbang 2,08 persen dan Philipina 5 orang atau 1,30 persen.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge