0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngeyel Gunakan Bak Terbuka untuk Angkut Penumpang, Ya Ditilang

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Prayudha Widiatmoko (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Satlantas Polresta Solo tak akan segan menindak kendaraan bak terbuka jika digunakan untuk mengangkut penumpang. Pasalnya, kendaraan tersebut bukan peruntukan jika digunakan mengangkut orang melainkan barang.

“Jika ditemukan di Solo, akan kami tindak tegas (ditilang),” terang Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Prayudha Widiatmoko, Jumat (9/9) siang.

Perwira polisi berpangkat melati satu di pundak ini menjelaskan, bukan tanpa alasan pihaknya melakukan tindakan tegas ini. Mengingat, jika terjadi hal tidak diinginkan akan berakibat fatal pada penumpang kendaraan tersebut.

“Bayangkan saja, jika terjadi benturan pasti penumpang yang ada di belakang akan terlempar. Di sisi lain, juga tak ada perlindungan bagi penumpang yang berada di bak kendaraan tersebut,” jelasnya.

Meski begitu, lanjut Kasatlantas, alih fungsi kendaraan bak terbuka menjadi pengangkut penumpang sangat jarang ditemui di Kota Solo. Kebanyakan, masyarakat telah mengerti resiko dan akibat yang akan terjadi jika nekat menggunakan kendaraan tersebut. Namun, pihaknya tak menampik jika masih banyak praktek alih fungsi kendaraan bak terbuka digunakan untuk mengangkut penumpang di kawasan terpencil eks Karesidenan Solo.

“Masyarakat di sini sudah banyak yang paham akibat melanggar peraturan seperti ini. Jadi, mungkin sangat jarang ditemukan di Kota Solo untuk praktek seperti itu,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge