0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hewan Kurban Sakit Masih Banyak Dijual

Foto: Petugas Disnakkan melakukan pemeriksaan hewan kurban (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Karanganyar menemukan sejumlah hewan kurban yang sakit. Sejumlah kambing terkena radang mata dan seekor kambing pincang kakinya.

“Seekor kambing tidak layak menjadi hewan kurban karena¬† fungsi motorik kambing tidak sempurna,” kata Petugas Bidang Kesehatan Hewan Disnakkan Kabupaten Karanganyar, Fatur Rahman, Jumat (9/9).

Petugas Disnakkan mendatangi empat tempat penjualan, yaitu di tepi Jalan Raya Solo-Karanganyar tepatnya di Triyagan Mojolaban Sukoharjo, Perumnas Palur di Ngringo, Dukuh Dalon, Desa Ngringo, dan Dukuh Balong.

“Kita periksa juga pedagang kambing yang berjualan di wilayah Mojolaban, Sukoharjo, karena berbatasan langsung dengan Jaten, Karanganyar,” kata Fatur.

Fatur mengatakan, secara fisik kondisi hewan sehat, tetapi ada beberapa kambing yang terkena radang mata. Lalu ada satu kambing di Ngringo itu fungsi saraf motorik terganggu. Kambing yang mengalami radang mata mendapatkan salep dari petugas.

“Saya berharap para pedagang bisa lebih selektif lagi dalam menjual,” kata Fatur

Fatur mengaku masih menemukan sejumlah kambing belum layak menjadi hewan kurban karena belum powel. Dia berharap calon pembeli teliti dan cerewet tentang kondisi hewan dan layak atau tidak menjadi hewan kurban.

“Kami memberikan surat keterangan kepada pedagang bahwa hewan yang ditawarkan itu layak jual. Bagi yang memang layak. Kalau belum ya belum. Kami tandai yang sudah layak. Kami akan mengecek kembali menyesuaikan jadwal,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge