0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Gelar Sosialisasi PKM 2017

dok.timlo.net/tyo eka
Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Tundjung W Sutirto (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) menggelar sosialiasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2017. Sosialisasi yang berlangsung 5 – 9 September, diikuti mahasiswa dan dilakukan di seluruh fakultas di lingkungan UNS.

“Sosialisasi dimulai dari Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Kebumen kemudian secara bergilir ke fakultas-fakultas lainnya,” jelas Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Tundjung W Sutirto kepada Timlo.net di ruang kerjanya, Jumat (9/9).

Materi sosialisasi, menurut Tunjung, difokuskan pada teknik penyusunan proposal dan peluang keberhasilan untuk didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) serta strategi menembus Pekan Ilmiah Mahasiswa nasional (Pimnas) tahun 2017.

“Tujuan sosialisasi PKM dan Pimnas tersebut adalah agar semua mahasiswa UNS dapat menyusun proposal PKM untuk pendanaan tahun 2017,” jelasnya.

Tunjung yang mantan Kepala Humas UNS mengatakan, kegiatan sosialisasi dilakukan oleh Tim PKM UNS dengan mempresentasikan skema jenis PKM. Yaitu, PKM Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Pada Masyarakat (PKM-M), PKM Teknologi (PKM-T), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan tertulis (PKM-GT).

Selain itu, kata Tunjung, disosialisasikan juga bagaimana kiat-kiat dan teknik-teknik untuk menembus Pimnas 2017 serta persyaratan administratif untuk mengikuti PKM. Adanya sosialisasi, diharapkan para mahasiswa UNS dapat mengetahui jenis-jenis PKM dan dapat segera menyusun proposal dengan bimbingan dosen.

Target dengan diadakannya sosialisasi tersebut, menurut Tunjung, adalah pada tahun 2017 terjadi peningkatan secara siginifikan peserta PKM dari UNS. Seperti pada tahun 2016 PKM yang diusulkan oleh UNS sebanyak 1386 proposal dan didanai sebanyak 121 proposal serta yang lolos Pimnas 13 proposal.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge