0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Minta Pemkot Solo Kebut Penyelesaian E-KTP

Proses pembuatan e-KTP (dok.timlo.net/nanin)

Solo — Proses rekam Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP yang belum tuntas memicu reaksi kalangan legislatif. Mereka mendesak supaya Pemerintah Kota (Pemkot) segera mempercepat proses penyempurnaan KTP warga Solo sebelum akhir tahun nanti.

“Tahun depan seluruh aktivitas sudah menggunakan E-KTP kalau belum rampung bisa repot,” tandas anggota Komisi I DPRD Solo Abdullah AA, Jumat (9/9).

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) masih terdapat 4.164 warga yang belum masuk ke sistem e-KTP. Abdullah menyayangkan, jumlah warga yang masih sangat banyak tersebut. Hal ini, seharusnya tidak terjadi jika Pemkot melakukan jemput bola ke masyarakat di tingkat paling bawah.

“Kalau untuk masyarakat Kota Solo mungkin pemkot dapat menerapkan sistem jemput bola tersebut,” terangnya.

Disinggung terkait warga Kota Solo yang berada diluar wilayah, Abdullah mengaku memang menjadi suatu permasalahan khusus dalam membuat e-KTP. Mengingat, yang bersangkutan harus melakukan rekam identitas secara langsung di wilayah masing-masing. Meski begitu, pihaknya menyarankan supaya, Dispendukcapil melakukan koordinasi dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) agar dapat melakukan pendataan secara online warga yang berada  wilayah Kota Solo. Hal itu dirasa sebagai alternative bijak jika ingin persoalan e-KTP secara nasional dapat tuntas.

“Gak mungkin juga kalau mereka yang ada diluar kota atau luar wilayah Kota Solo kembali, hanya untuk mengurus e-KTP. Biayanya pasti membengkak,” terangnya.

Senada anggota Komisi I lainnya, Wawanto juga meminta persoalan e-KTP benar-benar dirampungkan sebelum tahun 2017. Ia juga meminta Kemendagri untuk turun ke bawah melihat fakta di lapangan demi terselesaikannya persoalan tersebut.

“Harus memanfaatkan teknologi agar lebih mudah dan cepat. Dan dapat menjangkau warga Solo yang ada di luar wilayahnya,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge