0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kehilangan Smartphone di Pesawat Bisa Berbahaya Untuk Keselamatan

Smartphone yang jatuh di pesawat dan berasap. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Dari semua barang yang kita bawa saat masuk ke dalam pesawat, ada satu barang yang harus kita jaga baik-baik supaya tidak hilang: smartphone kita. Kehilangan benda ini bisa berbahaya untuk keselamatan penerbangan.

Baru-baru ini dalam penerbangan pesawat Qantas A380, para penumpang mendengar sebuah pengumuman aneh. Mereka diberitahu untuk meminta bantuan kru pesawat jika mereka kehilangan ponsel mereka. Para penumpang dilarang untuk mencoba mencari sendiri ponsel mereka jika ponsel itu hilang di pesawat.

Seorang jurnalis dari situs teknologi The Register mendengarkan sendiri pengumuman itu dan dia akhirnya tahu kenapa pengumuman ini dibuat. Pengumuman itu dikeluarkan terkait situasi darurat dalam sebuah penerbangan Qantas dari Sydney ke Dallas-Fort Worth di mana kru pesawat diberitahu ada sebuah asap muncul di kabin.

The Australian Transit Safety Bureau (ATSB) mengumumkan hasil penyelidikan kejadian itu. Ternyata asap itu berasal dari smartphone yang hancur. Smartphone itu ditemukan di sebuah kursi di kelas bisnis pesawat itu.

Saat kru pesawat mengambil smartphone itu, perangkat itu sudah berhenti mengeluarkan asap. Tapi sebuah bau tajam masih tercium di kabin. Alasan kenapa smartphone itu berasal karena tekanan pada baterai lithium-ion yang bisa menyebabkan arus pendek.

Kru pesawat Qantas menaruh ponsel itu di air dan lalu menyimpannya di sebuah kotak besi. Tim ATSB berkata jika respon kru tersebut adalah contoh respon yang efektif untuk kondisi darurat itu. Pengumuman serupa terdengar dalam penerbangan pesawat British Airways dan Cathay Pacific.

Jadi, jika Anda naik pesawat disarankan untuk menjaga ponsel Anda baik-baik. Jangan sampai hilang atau terjatuh di sekitar pesawat. Anda tentunya tidak ingin ada asap terlihat di kabin pesawat walaupun kemungkinan terjadi kebakaran karena asap smartphone itu kecil.

Qantas berkata kepada the Telegraph: “Kami meminta penumpang untuk menjaga baik-baik smartphone mereka, dan jika mereka kehilangan perangkat itu atau ponsel mereka jatuh, beritahukan kepada seorang kru pesawat dan pindah dari kursi Anda.”

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge