0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Libur Panjang Idul Adha, Truk Galian C Dilarang Beroperasi

dok.timlo.net/aditya wijaya
Dishub Klaten razia truk galian C yang nekat melintas di depan Stadion Trikoyo (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Menjelang hari raya Idul Adha, truk pengangkut pasir dan batu alias galian C dilarang beroperasi selama empat hari, Jumat -Senin (9-12/9). Hal itu untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas selama libur panjang Idul Adha 1437 H.

“Berlaku mulai H-3 atau tanggal 9 September pukul 00.00 WIB hingga 12 September pukul 24.00 WIB,” kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Joko Suwanto, Kamis (8/9).

Selain truk galian C, lanjut dia, semua kendaraan angkutan barang yang bersumbu lebih dari dua juga dilarang melintas di jalan nasional wilayah Klaten. Hal itu menyusul surat edaran (SE) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Jawa Tengah No 551.2/15.905 tentang perlunya dilakukan pengaturan lalu lintas pada libur Idul Adha.

Pihaknya lantas menindaklanjutinya dengan menerbitkan SE No 800/3663/28 tanggal 8 September 2016 kepada para pengusaha angkutan. Adapun isinya mengenai larangan truk pasir dan kendaraan bersumbu lebih dari dua beroperasi pada libur empat hari raya korban tersebut.

“Jika ada yang nekat melintas, ya kita sita surat-surat kendaraannya. Tapi SE itu tidak berlaku untuk kendaraan angkutan BBM, hewan ternak, bahan pokok, pupuk, susu murni, barang pos, dan angkutan barang ekspor impor dari dan ke pelabuhan. Namun sumbu kendaraannya tidak boleh lebih dari dua sumbu,” lanjut Joko Suwanto.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge