0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkades Serentak 19 Desa Terancam Batal

timlo.net/agung widodo
Ilustrasi pelantikan kades di Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Pemilihan kepala desa (pilkades) di 19 desa di Kabupaten Sragen terancam batal. Pasalnya, pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016 hingga sekarang belum dibahas DPRD Sragen. Padahal dalam Kebijakan Umum Anggaran Plafon dan Prioritas Anggaran Sementara (KUAPPAS), terdapat anggaran pengadaan logistik kertas suara sebesar Rp 225 juta untuk Pilkades.

“Kami sendiri tidak mengerti, kenapa dewan belum menjadwalkan pembahasan KUAPPAS tersebut. Padahal bila APBD perubahan tak segera digedok, tentunya malah dewan sendiri yang rugi, mereka juga tak bisa gajian dalam enam bulan ke depan,” kata Wakil Bupati Sragen, Dedy Endriyatno, Kamis (8/9).

Dedy mengatakan, pelaksanaan pilkades serentak di 19 desa di Kabupaten Sragen harus dilaksanakan akhir tahun ini. Karena untuk tahun berikutnya sudah ada tahapan pilkades serentak di 12 desa yang berbeda. Sehingga bila RAPBD 2016 tidak segera ditetapkan, jelas sejumlah agenda kegiatan Pemkab Sragen terancam molor.

“Salah satunya agenda yang sangat penting seperti pelaksanaan Pilkades serentak yang dijadwalkan akhir tahun ini,” katanya.

Dia menjelaskan, sebenarnya KUAPPS telah diserahkan eksekutif ke legislatif sejak sebulan lalu. Seharusnya, mengingat waktu yang begitu pendek, pihak legeslatif segera membahasa dan menetapkan KUAPPS tersebut menjadi APBD Perubahan 2016.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge