0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pastikan Penyebab Keracunan, Dinkes Amankan Sampel Makanan

merdeka.com
ilustasi keracunan (merdeka.com)

Klaten— Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten menyita sampel snack atau jajanan kecil yang diduga sebagai penyebab keracunan belasan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Akbar Kecamatan Klaten Utara, Kamis (8/9).

“Iya kami sudah menerima laporan itu (keracunan makanan) dan langsung membawa sampel jajanannya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Klaten, Herry Martanta, Kamis (8/9).

Berdasarkan hasil investigasi di lapangan, kata dia, siswa yang diduga keracunan mengalami gejala mual, muntah, dan pusing. Ia juga mengapresiasi respon cepat pihak sekolah ketika mengetahui kejadian tersebut.

“Pemberian obat sesuai gejalanya. Semuanya hasil investigasi kami di lapangan tidak sampai ke rawat inap, hanya ada yang dirujuk ke rumah sakit lalu dipulangkan karena kondisi sudah membaik,”  kata Herry.

Disinggung soal penyebab keracunan, Dinkes belum bisa mengungkapkannya. Pasalnya, sampel makanan langsung diamankan ke Balai Litbang Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Yogjakarta guna mengetahui hasilnya.

“Kami  belum bisa matur sekarang. Untuk tahu penyebabnya apa kami masih menunggu hasil laboratorium (Balai Kemenkes Yogja). Untuk kemasannya biskuitnya kami lihat masa kadaluarsa masih lama,” jawab Herry Martanta.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge