0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SIPA Tuai Apresiasi dari Negara Sahabat

timlo.net/ichsan rosyid
Acting Director Jawaharlal Nehru Indian Cultural Centre (JNICC), Rohit Babbar (kemeja putih) dan Walikota CheongSong (jas hitam) menjawab pertanyaan media usai penandatanganan MoU antara Pemerintah CheongSong dengan SIPA Community (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Setelah bertahun-tahun membangun jaringan dengan berbagai negara, eksistensi Solo International Performing Art (SIPA) semakin diakui oleh negara-negara sahabat. Mereka menilai SIPA sebagai salah satu panggung yang penting.

“Menurut kami SIPA merupakan panggung yang penting untuk seniman dari berbagai negara yang ingin dikenal,” kata Acting Director Jawaharlal Nehru Indian Cultural Centre (JNICC), Rohit Babbar, Kamis (8/9).

JNICC sendiri sudah beberapa kali berpartisipasi dalam pergelaran yang sudah delapan kali diselenggarakan itu. Setiap kalinya, lembaga kebudayaan India itu menampilkan kesenian India yang berbeda.

“Kita memiliki banyak penari, penyanyi, yoga. Tentunya sebelum tampil di SIPA kita selalu pilih yang sesuai dengan tema. Lalu kita seleksi lagi,” kata dia.

Senada, Walikota CheongSong, Han Dong-Soo mengaku penasaran dengan pergelaran SIPA yang digelar di Benteng Vastenburg, Ia mengaku belum pernah menonton SIPA secara langsung. Namun nam aSIPA sudah cukup dikenal di Korea Selatan melalui Andong Mask Festival.

“Saya sangat penasaran akan seperti apa nanti. Saya berharap ada pelajaran yang bisa kita terapkan di Festival Apel kami November mendatang,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, CheongSong menjalin kerja sama di bidang budaya dengan SIPA Community. Kerja sama tersebut diharapkan dapat dikembangkan ke sektor-sektor lain seperti bisnis dan investasi.

CheongSong sendiri merupakan salah satu karesidenan di Korea Selatan. Terletak di daerah pegunungan, CheongSong dikenal sebagai produsen apel. Setiap tahunnya, CheongSong menyelenggarakan Festival Apel. tahun ini merupakan kedua belas kalinya festival tersebut diselenggarakan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge