0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dari Budaya, Kerjasama SIPA-CheongSong Diharapkan Merambah ke Bisnis

timlo.net/ichsan rosyid
Walikota CheongSong, Korea Selatan, Han Dong-Soo dan Ketua Umum SIPA Irawati Kusumorasri menandatangani MoU kerja sama antara Pemerintah CheongSong dengan SIPA Community disaksikan Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo, Kamis (8/9) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Solo International Performing Art (SIPA) berhasil menjalin kerjasama di bidang dengan Pemerintah Daerah CheongSong, Korea Selatan. Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama tersebut ditandatangani di Rumah Dinas Walikota, Loji Gandrung, Kamis (8/9).

“Tahun lalu kita sudah bekerja sama dengan Andong. Sekarang dengan CheongSong, sama-sama dari Korea Selatan,” kata Ketua Umum SIPA Community, Irawati Kusumorasri usai penandatanganan MoU.

Terbentuknya kerja sama dimulai ketika Irawati bertemu dengan Kepala Daerah CheongSong, Han Dong-Soo di Festival Topeng di Andong, Korea Selatan tahun 2015 lalu. Pada kesempatan tersebut, Irawati menceritakan tentang Solo dan SIPA. Dong-Soo lalu tertarik untuk menjalin kerjasama pertukaran budaya.

Kerjasama tersebut diharapkan dapat dikembangkan ke bidang lain seperti investasi atau perdagangan. Karena itu, selain dari SIPA, penandatanganan Mou juga dihadiri Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo serta para pelaku usaha khususnya di bidang pariwisata.

“Mereka juga tertarik untuk menjajaki kerjasama di bidang lain. Nanti mereka mau ke Katen mencari keramik,” kata dia.

Dong-Soo mengatakan, Soloraya dan CheongSong sama-sama dikenal dengan budaya dan alamnya yang kaya. Kota yang  terkenal sebagai produsen apel itu akan menggelar festival apel akhir tahun ini. Selain akan menampilkan karya seni dari daerahnya di panggung SIPA, Dong-Soo juga ingin ada Penampil dari Solo pada CheongSong Apple Festival November mendatang.

“Harapannya ada pertukaran budaya,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge