0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyembelihan dan Pembagian Daging Korban Diawasi Polisi

dok.timlo.net/nanang rahadian
Gelar pasukan Idul Adha dan libur panjang (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Polres Karanganyar menyiagakan personelnya di lokasi penyembelihan dan pembagian daging korban. Hal tersebut dilakukan untuk mengantispasi antrean panjang yang berpotensi terjadi kericuhan.

“Untuk antisipasi, kita akan terjunkan petugas, kita sebar ke beberapa lokasi yang kita nilai rawan,” kata Wakapolres Karanganyar Kompol Prawoko, Kamis (8/9), usai gelar pasukan pengamanan long week end bersamaan dengan Idul Adha.

Kompol Prawoko mengatakan, sejumlah 250 personel diturunkan melakukan pemantauan sejak pelaksanaan sholat Idul Adha, sampai selesai pembagian daging korban kepada masyarakat. Hanya sekadar mengantisipasi agar suasana peringatan Hari Raya Idul Adha di berbagai tempat di Karanganyar bisa terlaksana dengan baik.

“Harapannya, pelaksanaan penyembelihan dan pembagian daging akan berlangsung aman dan tertib,” jelasnya.

Sementara itu selain mengawasi pelaksanaan korban, polisi juga akan fokus pada pengamanan arus lalu lintas yang diprediksi akan ada peningkatan. Karena ada liburan yang berurutan dengan libur akhir pekan, maka akan ada arus mudik meski tak sebanyak kalau Idul Fitri.

“Prediksi kita, akan ada peningkatan arus lalu lintas. Jadi kita antisipasi,” kata Wakapolres.

Beberapa titik yang rawan kecelakaan diantisipasi, agar bisa diminimalisasi kemungkinan terjadinya gangguan akibat meningkatnya aruslalu lintas. Antara lain di jalur utama Solo – Sragen, Solo Purwodadi, dan Solo – Puncak Lawu.

“Jalur itu ada di wilayah Karanganyar, karena itu kita siagakan personel untuk melakukan patroli secara intensif agar situasi lalu lintas juga tetap kondusif, para pemudik tetap bisa pulang ke kampung dengan aman,” kata Wakapolres.

Selain jalur rawan, sejumlah obyek wisata juga menjadi perhatian polisi. Beberapa lokasi wisata di Lereng Lawu yang diprediksi juga akan ada peningkatan kunjungan berkaitan dengan libur panjang akhir pekan.

Air Terjun Gerojogan Sewu, Sondokoro, Edupark, dan kawasan Ngargoyoso maupun Matesih akan sedikit mengalami peningkatan pengunjung, sehingga harus dipantau dan dilakukan pengamanan lebih dari hari biasa.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge